Thursday, August 7, 2014

Review dan Personal opinion antara Dorama , K-drama , dan Taiwan drama

Semua yang aku tulis ini hanya personal opinion , jadi yang baca boleh setuju atau setuju tidak , suka atau tidak suka. Postingan seperti ini juga sudah banyak di temui tapi tetap saja bikin gregetan buat untuk di posting.
Dorama
Dorama adalah nama lain dari drama Jepang , pertama lihat dorama Jepang adalah dorama tentang 2 orang pemuda yang datang ke pantai kalo ga salah judulnya "Beach boy"  yang mainnya udah lupa saking lamanya yang di tayangkan di salah satu tv swasta  , kemudian " Itazura na kiss versi 96 "yang saat itu belum membuatku karna lihatnya masih aneh dengan tokoh wanita yang kelihatan konyol abis  begitu juga dorama lainnya yang  cuman aku tonton sekilas , dan dorama yang mampu bikin nangis bombay adalah " One litre of tear" cukup membuatku tertarik tapi dorama memang jarang bisa di putar di Indonesia  dan secara saat itu internet blum sekenceng dan semudah sekarang . Dan mulai terjangkit  demam K-drama yang sering di putar di salah satu tv swasta , hingga mulai bosan dengan cita rasa K-drama dan karna nemuin dvd " Itazura na kiss versi 96 " juga " Hana yori dango " di toko kaset dvd , aku mulai ngeh kalo drama jepang itu lebih tidak bertele-tele  . Dan ternyata dorama Jepang lebih variatif masalah genre dari yang komedi, detective , romance juga genre lainnya , yang tentu episode dorama Jepang kebanyakan  lebih sedikit hanya belasan  juga durasi yang lebih pendek jadi kita tak perlu waktu terlalu lama untuk  menghabiskan waktu untuk nonton tiap satu dorama , meski untuk menontonnya terpaksa harus sering mantengin internet buat download karna kaset  dorama lebih  sulit di temui di toko kaset dvd  karna skarang kalah trend dengan K-drama.
Drama Taiwan 
Drama Taiwan yang beres aku tonton cuma " Meteor Garden " yang aku tonton pas waktu dulu masih di smp karna kalo drama lainnya keburu males aku tonton atau di skip agar cepet beres karna  alur ceritanya  terasa lambat di bandingin antara dorama dan K- drama , jumlah episodennya rata-rata di atas 20 puluh , untuk genre nya yang aku temui kebanyakan romance  , dan sepertinya kiss scene dengan durasi lama jadi scene wajib di drama Taiwan , dan aku setuju kalo drama Taiwan terasa lebih sepi dan hening di banding dorama atau K-drama.
K-drama
K -drama atau Korea drama sekarang memang sedang in di Indonesia juga di negara lain  beberapa  tahun ini sejak boomingnya drakor "Full house"  yang di tayangkan  di salah satu stasiun tv  swasta , termasuk aku yang ikut terjangkit demam drakor  hingga bela-belain beli banyak kaset dvd .  Dan drama Korea yang paling aku suka adalah " Jewel in the palace"  yang pemeran utamanya dae jang geum sorang dayang masak yang jadi dokter wanita pertama  dan masih banyak drakor judul lainnya yang bagus dan oke .Drakor memang cukup menarik perhatian dengan aktris dan aktor2nya yang kinclong2 abis , juga detail scene yang oke  . Drama korea memang enak di pandang dengan Korean style yang bikin seger mata , dan setelah sekian lama mengikuti drakor  kok aku mulai merasa tingkat kualitas ceritanya mulai agak menurun dengan apapun genrenya dan apapun judulnya  slalu adanya cerita cinta segitiga di tiap drama yang aku tonton . Dan kebanyakan hampir mempunyai cerita yang hampir sama dan hanya pengembangan dari drama lainya .  Biasanya banyak bertemakan cinderela atau si kaya dan si miskin . Dan drakor terakhir yang menurutku cukup oke dan di luar ekspetasi adalah " Innocent man " aka "Nice guy " yang di bintangi aktor Song joong ki . Seterusnya tak ada   K-drama yang bikin aku penasaran .
Komentar : karna aku hoby nonton drama asia dan setelah menonton drama dari ketiga negara itu dan otomatis membandingkan sendiri perbedaan drama dari ke tiga drama tsb :
Tema :
Dorama:  lebih variatip dari genre komedi , romance ,detectiv ,  sci-fi , human , law , medical dsb.
K-drama : drama , romance , school.
T-drama : drama , romance (ga tau lagi)
Aktor/aktris :
Dorama : kebanyakan standar  dan di sesuaikan  dengan karakter  yang ada .
K-drama: jelas cantik 2 dan guanteng - guanteng
T- drama : cantik 2 dan ganteng 2 juga
Jumlah episode :
Dorama : 8 - belasan 
K -drama : 16 - 20 an 
T- taiwan : 20 an lebih banyak dari ke 2 drama lainnya
Alur :
Dorama : cepat (kalo yang terbiasa nonton drakor atau drama taiwan akan merasa kaget )
K - drama : alur cepat di awal episode tapi cenderung melambat dari episode 5 dan selanjutnya.
T - drama : terasa sangat lambat
Ending :
Dorama : banyak yang gantung
K -drama : banyak yang hapi ending ada juga yang sad ending
T -drama : happy dan sad ending
Dan setelah menonton ketiga drama tsb kini aku lebih suka nonton dorama di banding ke 2 drama lainnya , jelas karna dorama lebih cocok dengan selera nonton aku dengan alasan cerita dorama tidak bertele - tele , dan kuatnya karakter yang di perankan oleh artis dorama , meski wajahnya kadang tak seganteng dan secantik dari ke 2 drama lainnya , tapi yang membuat terasa lebih natural , dan semua tetap tergantung selera , karna meski aku udah sering nyekokin ade aku buat suka dorama tetap aja ade aku buat suka dorama dia tetep milih drakor yang katanya lebih realistis juga penyetinyan drakor yang lebih bagus dan detail , atau temen aku yang lebih suka nonton Taiwan drama karna menurutnya lebih relax nontonnya di banding  dorama atau drakor , banyak yang bilang kalo dorama itu ceritanya kelaki2an , sementara drakor cocok buat  wanita , yang lebih suka romansa dan cerita yang manis2.
Dan semuanya terserah anda .





No comments:

Post a Comment