Film Human Drama Jepang
Rekomendasi lagi bagi pecinta film yang menyukai film bertema human alias yang bertema kemanusian yang megandung banyak nilai moral yang di sampaikan atau yang lagi bosen ma film bertema percintaan , sebenarnya ada banyak judul film lain yang bertema kemanusian tapi aku pilih 5 judul film yang menurutku paling mantep , aku urutkan menurut tingakat keseruannya menurut versi aku :
5. The last chance of diary comedian (2013)
Film ini menceritakan perjalanan dua orang komedian yang mempunyai sebuah duo komedi bernama " Boso Swimmer " yang beranggotakan Yohei Tanaka ( Ito Atsushi ) dan Koji Komoto ( Keisuke Koide ) telah membangun grup komedi dari sejak sma tapi meski telah hampir 12 tahun kemudian grup mereka belum juga populer dan belum mengalami masa kesuksesannya .
Mereka menjalani kehidupan normal mereka masing-masing untuk menghidupi masing-masing dengan Tanaka yang bekerja di sebuah toko buku , sementara Komoto bekerja serabutan bahkan menggantungkan hidupnya pada sang pacar yang mempunyai pekerjaan yang lebih jelas . Tanaka dan Komoto masih terus mengejar impian mereka meski tak jarang mereka mendapat pandangan sebelah mata , hingga akhirnya mereka hanya berkomunikasi lewat diary yang mereka saling jawab , hingga kesempatan pun muncul ketika di adakan kembali sebuah kejuaraan untuk duo comedy mereka , mereka kembali mulai serius untuk membangun duo comedy mereka .
Film yang menurutku cukup mengharukan apalagi melihat endingnya yang di luar dugaan , ikut terbawa lihat perjalanan dua orang komedian yang tak semudah membalikkan telapak tangan dan kadang tidak sesuai dengan harapan , adegan yang cukup mengharukan ketika mereka hanya di bayar dengan nasi kotak dan hanya duduk di lantai untuk menunggu .
4. 0,5 mm (2014)
Sawa Yamagishi (Sakura Ando ) bekerja sebagai helper bagi para Lansia , saat ini Sawa bekerja di kelaurga Kataoka untuk membantu kakek tua yang telah mengalami penyakit tua nya , suatu hari anak dari Kataoka meminta permintaan aneh padanya yakni untuk tidur menemani ayahnya supaya ayahnya tersebut bisa meninggal dengan tenang , meski awalnya menolak tapi akhirnya Sawa menerima tawaran tersebut meski tak di sangka tak di duga jika di malam tsb Sawa mengalami hal buruk karna kamar mereka tiba-tiba terbakar dan Sawa tak bisa menyelamatkan tuan Kataoka , bahkan Sawa juga menghadapi kejadian buruk karna putri Kataoka memutuskan untuk menggantung diri setelah melakukan perencanaan pembunuhan pada ayahnya sendiri .
Sejak kejdian tersebut Ando pun di keluarkan dari agen helper karna Sawa telah melanggar kode etik para helper , Sawa yang tak punya rumah dan tujuan . Di perjalanan Sawa yang tak menentu Sawa mulai bertemu dengan para Lansia yang ingin hidup mandiri dan mempubyai masalah tersendiri dengan banyak alasan yang melatar belakangi mereka .
Film yang menurutku penuh pesan moral yang akan merenungkan kita untuk lebih memahami perasaan orang tua kita yang kadang terlihat kekanak-kanakan dan susah di atur .
3. No body Knows (2004)
Film yang di angkat oleh kisah nyata ini menceritakan tentang 4 orang anak dari satu ibu single parent bernama keiko Fukushima (You ) namun punya ayah yang berbeda-beda , karna dengan suatu alasan sang ibu terpaksa mengaku hanya mempunyai satu anak Yakni Akira ( Yuya Yagura ) saja agar bisa menyewa kontrakan untuk mereka berenam , hal yang lebih mengejutkan sang ibu memasukkan ke tiga anaknya yang masih kecil masuk ke dalam koper-koper pakaian agar tak ada yang curiga .
Semua pada awalnya berjalan biasa saja , Akira yang merupakan anak paling besar menjadi kakak yang siaga dan mengurus kebutuhan adik-adiknya yaitu Kyoko , Shigeru dab momoko , juga membantu ibunya supaya tidak repot hingga keadaan mulai berubah saat sang ibu mengatakan jika ibunya jatuh cinta pada seorang laki-laki , hal yang Akira sering dengar dari mulut ibunya yang pada akhirnya hanya melahirkan adik baru bagi Akira tanpa Akira tahu siapa ayah para adiknya .
Kesungguhan perasaan ibu Akira di buktikan dengan menghilangnya sang ibu dengan hanya meninggalkan secarik surat dan sejumlah uang untuk Akira dan ketiga adiknya bisa bertahan hidup untuk beberapa waktu , dan mulailah Akira menjalani hari bersama ke 4 adiknya dengan sangat bersusah payah tanpa seorang pun yang tahu akan keadaan mereka berlima yang tinggal dalam satu kontrakkan tanpa orang tua yang menjaga mereka .
2. Departures (2008)
Setelah mengalami kegagalan untuk menjadi seorang Cellist Daigo Kobayashi ( Masahiro Motoki ) akhirnya Daigo memilih untuk mulai melupakan cita-citanya dan memilih untuk kembali ke kampung halaman yang telah lama di tinggalkanya dan dengan setia sang istri Mika Kobayashi ( Ryoko Hirosue )tetap mendukung keputusan sang suami dengan tetap mengikuti sang suami untuk tinggal di kampung halamannya .
Daigo mulai menjalani hari di kampung halamannya dengan memulai mencari pekerjaan untuk dirinya , dan mendapat pekerjaan di kota sepi tak semudah yang di bayangkan hingga Daigo melihat lowongan kerja di sebuah koran dan tanpa pikir Daigo menerima pekerjaan tsb yang ternyata pekerjaan di dapatnya itu adalah merias mayat dan di hari pertamanya Daigo harus merias sosok mayat lansia yang meninggal di sebuah rumah dan tanpa seorang pun tahu hingga kondisi jasadnya sudah dalam kondisi yang kurang baik .
Daigo mulai bingung dengan apa yang akan diputuskannya meski akhirnya Daigo tetap menjalankan pekerjaanya tanpa sang istri tahu pekerjaan apa yang di jalaninya kembalinya Daigo ke kampung halamanya membuka kembali cerita masa lalu Daigo dengan orang tuanya juga .
Meski film ini bercerita tentang mayat dan kematian tapi di jamin ga serem dan bikin takut malah kita di ajak ikut terharu dengan pekerjaan mereka yang penting namun di pandang sebagai pekerjaan aneh .
1. Himizu (2011)
Sumida Sunichi (Shota Sometani ) seorang pelajar smp yang hanya tinggal dengan ibunya setelah yang tinggal di sebuah rumah pinggir danau dengan usaha menyewakan kapal boat untuk memancing setelah ayahnya meninggalkan mereka begitu saja , Sumida yang punya keinginan untuk bisa hidup sederhana seperti orang lainnya , Sumida punya teman wanita bernama Keiko Chazawa ( Fumi Nikaido ) yang diam -diam menyukai Sumida , selain itu Sumida punya beberapa tetangga yang tinggal di dekat rumahnya yang kehilangan rumah akibat bencana Tsunami yang pernah menghantam daerah mereka tempat tinggal .
Kehidupan Sumida mulai rumit setelah ibunya meninggalkannya begitu saja demi laki-laki lain , selain itu kemudian muncul para penagih hutang yang mencari ayah Sumida yang menumpahkan kekesalan mereka pada Sumida dengan memukuli Sumida , dan ayahnya yang tiba-tiba muncul menemui Sumida malah mengatakan jika kehidupannya akan lebih baik jika Sumida tak ada , kehidupan ayahnya akan lebih baik jika Sumida mati , hal yang membuat Sumida kesal hingga mengundang perkelahian yang menyebabkan ayah Sumida meninggal dan sejak itu Sumida mengalami depresi dan mulai melakukan hal aneh untuk menjalani harinya .
Rekomen bangeut pokoknya film ini , tapi itu juga kalau kalian penyuka film komplikated karna tema film ini cukup berat tapi jelas mengandung nilai kemanusian dan pesan moral yang dalam bangeut .
Film bergenre human drama ini mungkin bukan genre yang banyak di favoritkan banyak orang tapi untuk sekedar selingan cukup layak untuk di tonton kok , selamat menonton...
No comments:
Post a Comment